Mulai Memposting Artikel di Blogger

| Selasa, Mei 22, 2012 | | 0 comments
Setelah kemarin anda telah membuat blog dan mengganti template standar blog anda, sekarang saatnya untuk memposting artikel-artikel yang ingin anda terbitkan, disinilah pekerjaan anda sebagai seorang Blogger dimulai, Anda dapat mencurahkan semua hal yang ada dipikiran dan benak anda untuk dijadikan bahan artikel, anda bisa memilih topik untuk blog anda, mau dibawa kemana blog anda , Apakah mau dijadikan sebuah blog personal yang berisi catatan pribadi anda, atau anda ingin menjadikannya sebagai ladang dolar untuk anda. Itu semua tergantung minat anda, Selain untuk kedua hal tersebut blog anda juga dapat digunakan sebagai media sosialisasi, dan juga sebagai tempat mencari informasi, ada banyak sekali jenis blog yang bisa anda buat, mungkin anda bisa memunculkan ide baru tentang jenis blog yang akan dibuat, Seperti halnya saya, saya membuat blog ini dengan tujuan untuk membantu teman-teman semua untuk belajar memahami apa itu blog dan bagaimana mengoperasikan serta memperindahnya, blog-blog saya lainnya juga bertipe berbeda, seperti tempat untuk mendownload software full versi dan juga sebagai tempat mencari informasi.


Mengenal Posting

Untuk memposting artikel diblog caranya sangat mudah, lebih mudah dari pada merubah tempalte blog, Sebelum anda memposting artikel anda perlu tahu dulu apa itu posting. Posting adalah menuliskan amteri tulisan baik dalam apapun kedalam blog. Jadi nantinya Postingan ini yang akan menjadi Isi pokok sebuah blog, Postingan sangat berpengaruh terhadap jumlah visitor blog, Apabila Postingan yang dibuat menarik maka akan banyak Visitor atau Pengunjung yang tertarik untuk mengunjungi blog anda, namun jika postingan yang dibuat acak-acakan atau tidak beraturan bahkan tidak senonok maka visitor atau pengunjung justru akan lari dan mengecap blog anda sebagai blog sampah, jadi sebelum memposting sebuat artikel pikirkanlah dulu artikel tersebut layak atau tidak untuk ditampilkan diblog anda. Sebelum menulis artikel anda juga harus tahu beberapa icon / tombol aneh yang munkin belum anda ketahui  pada blogger artikel editor.
  1. Tombol Compose dan HTML : Disebut juga dengan mode Compose dan Mode HTML. Secara default, saat masuk ke post editor blog, anda akan berada pada mode Compose. Gunakan mode compose untuk menulis artikel atau tulisan biasa. Gunakan mode HTML untuk mengedit kode HTML artikel, misalnya menambahkan tag ALT pada gambar, memasukkan text area ke dalam artikel, membuat kotak, dll yang membutuhkan pengeditan kode HTML.
  2. Huruf "F" miring : Berfungsi untuk mengatur jenis huruf. Cara menggunakannya : highlight tulisan yang ingin di ganti jenis hurufnya lalu gunakan tools tersebut. Note : Klik, tahan, lalu seret mouse di dekat tulisan untuk highlight tulisan di artikel
  3. Kotak putih dengan tulisan "Normal" : Cara menggunakannya sama dengan cara mengganti huruf. Gunakan "normal" untuk tulisan biasa.
  4. Huruf A besar : berfungsi untuk memberi warna pada tulisan ( Huruf, Kata atau Kalimat )
  5. Gambar Spidol Putih : Berfungsi untuk memberikan background ( Latar belakang ) warna pada tulisan. Cara menggunakan kedua tools ini sama dengan cara mengganti jenis huruf.
  6. Tulisan link : Berfungsi untuk memberi link pada kata atau kalimat di artikel. Cara menggunakannya : highlight tulisan yang ingin di beri link, lalu klik tools tersebut. Pada kotak Popoup window yang muncul, masukkan url tujuan link pada kotak "Web Address" lalu klik "OK".
  7. Gambar pemandangan : Berfungsi untuk memasukkan gambar ke dalam artikel. Cara menggunakannya : Klik tools tersebut, saat muncul kotak dialog, pilih sumber gambar anda lalu klik tombol "Add Selected". Penjelasan lengkap bagian ini akan saya bahas di artikel khusus.
  8. Palang Hitam. Saya menyebutnya seperti itu karena saya juga tidak tahu itu gambar apa. Sepertinya lebih mirip dengan yang dipakai tim pembuat film action . Fungsinya untuk memasukkan Video ke dalam artikel. Cara menggunakannya sama dengan cara memasukkan gambar ke dalam artikel.
  9. Kertas Robek. Berfungsi untuk memotong artikel agar artikel yang tampil di homepage ( beranda / halaman depan blog ) tidak terlalu panjang. Sangat jarang blogger yang menggunakan tools ini. Kebanyakan menggunakan "Read More" otomatis agar tampilan home page blog lebih rapih dan lebih menarik. Contohnya bisa anda lihat di halaman depan blog ini dengan mengklik menu "Home" di bagian atas blog ini
Saya rasa untuk tombol yang lain anda sudah mengenalnya.

Mulai Memposting

Disini saya akan mulai membahas cara memposting sebuah artikel, pada bagian ini anda juga akan diajak untuk mengenal beberapa pilihan tambahan dalam memposting artikel. Untuk langkah-langkah memposting artikel silahkan anda lihat pada kolom atas dengan tulisan "Title: " , pada kolom tersebut tuliskanlah Judul Artikel yang ingin anda buat. Kemudian mulailah mengetik beberapa kata, kalimat atau anda ingin langsung menulis sebuah artikel pada kotak putih ditengah, jika anda sudah menulis artikel atau beberapa kata serta kalimat tersebut silahkan anda edit dengan beberapa Toolbac yang sudah dijelaskan tadi. Lalu anda lihat pada kolom bawah dengan tulisan "Labels: " pada kolom tersebut anda bisa menambahkan kategori-kategori artikel yang barusan anda ketik, tapi jika anda ingin membiarkannya kosong itu tidak masalah, Setelah itu kita tengok pada tombol Location dipojok kanan bawah, tombol tersebut bergungsi untuk menentukan lokasi anda ketika memposting artikel, namun tombol ini jarang digunakan para blogger. jika anda ingin membuka pilihan postingan yang lebih lanjut silahkan klik pada "Post Options", disana terdapat berbagai macam pilihan.
  • Reader Comments : Digunakan untuk mengatur apakah dalam artikel tersebut akan diperbolehkan untuk berkomentar atau tidak.
  • Backlinks : Digunakan untuk membuat sebuah tombol yang apabila diklik akan muncul Pop Up berisi Link Postingan anda
  • Post date and time : Digunakan untuk mengatur tanggal , bulan serta tahun postingan anda dibuat

Kesimpulan

Semoga artikel diatas berguna bagi anda yang juga ingin membuat sebuah artikel, Pesan saya tingkatkan kreatifitas anda serta profesionalitas anda dalam menyusun sebuah artikel, karena nantinya artikel ini yang akan membawa blog anda ke ajang dunia, buatlah artikel se-menarik mungkin agar para pembaca setia blog anda akan merasa nyaman dan senang untuk mengunjungi blog anda terus-menerus hal ini akan membuat blog anda mendapatkan perhatian penuh dari Search Engine, dan pastinya dengan begitu anda akan mendapat peringkat yang baik pula dimata dunia. Selain Konten yang menarik , konten yang bermanfaat juga sangat dibutuhkan di dunia blogger ini, jadi buatlah artikel yang bisa dimanfaatkan oleh banyak orang pula, Mungkin hanya segitu yang bisa saya sampaikan pada artikel kali ini. Happy Blogging ....