Mengganti Template Blog di Blogger

| Selasa, Mei 22, 2012 | | 0 comments
Pernahkah anda bosan dengan tampilan Blog anda yang begitu-begitu saja? Apakah anda ingin mempunyai tampilan blog yang lebih menarik? Setelah kemarin membahas Tutorial Membuat Blog dengan Blogger, kali ini akan membahas tentang Cara Mengganti Template Blog di Blogger. Apabila anda merasa bosan dengan tampilan blog anda yang begitu-begitu saja anda dapat merubah tampilan tersebut dengan template-template yang tersebar gratis diberbagai situs template gratis, selain anda bisa mendownload template secara gratis anda juga bisa membeli template-template yang berbayar pula, dan jika anda ingin berkreasi sendiri, anda dapat berlatih untuk membuat template blogger sendiri, Saya juga menggunakan template buatan yang diciptakan oleh Hendriono, namun sudah saya rubah sedikit tampilannya. Blogger sendiri mensupport jenis template dengan format XML (Extended Markup Language),XML bukan merupakan pengganti HTML.XML dan HTML yang dirancang dengan tujuan yang berbeda.Untuk cara mengganti template blog di blogger silahkan simak lebih lanjut.


Cara merubah template

Dibawah ini langkah-langkah yang perlu anda ketahui untuk dapat merubah template blog anda dengan template yang anda inginkan, untuk mendapatkan template-template yang diinginkan anda harus mencari diberbagai situs baik yang gratis maupun yang berbayar, atau langsung tanyakan pada mbah Google. untuk langkah-langkahnya sebagai berikut.
  1. Yang pasti cari dahulu template blog yang anda inginkan
  2. Buka dan login ke blog anda
  3. Klik menu Template pada sebelah kiri member area
  4. Untuk menjaga agar apabila terjadi kesalahan dalam proses blog anda tetap aman, lebih baik anda mem-backup template blog anda terlebih dahulu dengan klik Cadangkan lalu klik pada unduh template lengkap yang ada di sebelah kanan.
  5. Untuk mengupload template baru anda klik Browse pada kolom yang tersedia.
  6. Pilih file template yang sudah anda simpan tadi lalu klik Enter.
  7. Klik tombol Unggah.
  8. Selesai.Template anda sudah berhasil diganti.

Mengedit template baru

Untuk anda yang ingin mengedit atau merubah template baru anda , di blogger tersedia berbagai macam fitur untuk merubah template baru anda, diantaranya adalah Edit HTML, Page Elements, dan Template Designer. Saya lebih menganjurkan anda untuk menggunakan Edit HTML, Walau lebih rumit namun dengan Edit HTML ini anda bisa merubah tampilan apapun yang ada di template tersebut, apabila anda menggunakan Page Elements anda hanya bisa mengedit widget / gadget yang tersedia di blog anda, selain itu anda juga bisa memindahka posisi widget/gadget yang tersimpan diblog anda, dengan menggunakan Template Designer anda bisa merubah berbagai macam bagian di template anda, namun itu semua tidak selengkap fitur pada Edit HTML

Kesimpulan

Jadi menurut saya untuk mendapatkan hasil yang maksimal anda harus berusaha keras dan harus berani mengambil resiko walaupun itu merupakan hal yang susah, Saya sarankan anda untuk mencoba belajar apa itu HTML dan bagaimana penggunaanya, karena HTML akan sangat dibutuhkan dalam blogging, sebenarnya html ini tidak begitu rumit karena sudah menggunakan bahasa manusia yaitu bahasa inggris, jadi apabila anda belajar sunggu-sungguh anda pasti bisa menjadi seorang ahli dalam bidang HTML maupun Blogging,Selamat berkarya dan salam hangat Penulis dari hadapan warnet, Banjaranyar, Sokaraja, Banyumas, Jawa Tengah, Indonesia, Bumi, Bima Sakti... Happy Bloging :)